Wednesday, March 12, 2008

Sedikit Ilmu dari Budi Putra

Hari sabtu dan minggu kemarin Komunitas Blogger Makassar kedatangan tamu spesial : Budi Putra, professional blogger pertama di Indonesia, CEO Asia Blogging Network, dan yang jadi pembicara di acara Pesta Blogger 2007 kemarin.

Saya dan beberapa teman di Komunitas Blogger Makassar sempat diskusi secara langsung dengan beliau. Pembicaraan mengalir terus dan terus. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya kami bertatap muka dan berdiskusi dengan beliau. November 2007 lalu, pada talkshow Blog : Voice of Freedom yang kami laksanakan, Budi Putra diundang sebagai pembicara oleh Angingmammiri. Kami membicarakan tentang blog, konten blog (penulisan, tata bahasa yang 'baik dan benar', dll), menghasilkan uang dari blog (lewat iklan, paid blogger, review, dll), jurnalisme orang biasa dan komunitas-komunitas online di Makassar. Juga tentang Narsisme (hehehehe).

Tentang blog, konten, dan menghasilkan uang di Internet, budi putra bilang : "blog itu kekuatannya ya ada di konten. sering-sering saja update blog dengan konten yang bagus. dengan demikian, blog akan sering dibuka oleh orang, dan juga sering diindex oleh google. kalau sudah begitu, rating blog kita bisa naik, dan orang bakal suka beriklan di blog kita.

tulis apa saja di blog. pakai bahasa yang biasa saja. ada seorang ibu rumah tangga di.. (di mana? lupa ka') dia menulis di blognya tentang pengalaman sehari-harinya. tapi dia bagus, setelah nulis pengalamannya, dia juga masukkan beberapa artikel yang memperluas wawasan. behh, blognya rame banget yang kunjungi. iklannya mahal. 4000 dollar sebulan."

ada yang tanya, "bagusnya pakai bahasa indonesia atau bahasa inggris, ya?"

budi putra bilang, "pakai bahasa terserah saja. pakai bahasa indonesia aja kalau nggak bisa bahasa inggris. yaa.. sambil ngeblog nanti sedikit-sedikit belajar posting bahasa inggris. nanti lama-lama juga bisa."

dst. dst... (banyak yang saya lupa)

Tentang Komunitas Online, Narsisme, Menulis yang baik, dan Citizen Reporter, Budi Putra bilang, "Blogger itu memang harus narsis. Dan narsis itu nggak ada salahnya. Ya menurut saya, orang itu sudah narsis ketika pertama kali menciptakan cermin. (saya manggut-manggut)

Kalau tata bahasa yang baik, aah.. itu nggak perlu lah di blog. Karena itulah kekuatan blog. Orang boleh nulis apa aja, dengan gaya apa aja. Justru begitulah Citizen Reporter itu. Begitulah sebenarnya Jurnalisme Orang Biasa itu."

Tentang mendapatkan uang dari blog?
Budi Putra bilang begini, "kalau mau dapat uang dengan blog, bisa pakai sistem iklan seperti Adsense. Atau bisa juga dengan jadi paid blogger. Kita cuma menulis seperti review tentang produk di blog kita atau blog tertentu, nanti kita di bayar.

Cosa aranda itu dia fokus di iklan. Saya kalah jauh sama dia di iklan, karena saya lebih fokus di paid bloggernya. Kemarin ada yang nawarin saya untuk nulis di blognya, tapi saya tolak. saya sibuk sekali, ga ada waktu buat nulis.

Jadi paid blogger itu gampang. Kita cuma perlu nulis 2 kali seminggu. Nanti kita dibayar, yaa.. sekitar 400 usd per minggu"

Nah, jadi begitulah sekiandikit dari sekianbanyak yang Budi Putra bisa bagikan ke teman-teman.
(ndak semua yang saya tuliskan itu benar-benar 100% yang dikatakan Budi Putra. Pasti ada perubahan sedikit, disesuaikan dengan memori otak saya. Tapi Insya Allah ndak mengubah maksud dari penyampaian Budi Putra sendiri).


Salam,


foto diambil dari asiablogging.com

No comments: