Wednesday, March 12, 2008

Semakin Akrab Saja dengan Bengkel

Sudah 2 minggu terakhir motor saya keluar masuk bengkel. Mungkin sudah sekitar 6 atau 5 kali.
Itu belum termasuk yang saya kerjai sendiri. Astaga.

Berawal dari waktu saya cuci motor itu. (sudah saya bilang memang dari dulu, motor itu kalau dicuci pasti keluar semua masalahnya)

Besoknya motor batuk-batuk manja : ahak ahak ahak...
Saya bawa ke bengkel, ganti oli saja. Terus lanjutkan jalan. 100 meter, batuknya makin manja seperti Dewi Persik (ahak ahak ahak.. ahh... ah... ah...). Astaga
Akhirnya saya bawa ke bengkel yang lain : Cuci Karburator, sekalian ganti kampas rem cakram belakang. Selesai 'dikerjai', motornya bagus. Jalan sekitar 500 meter, batuknya langsung batuk kering. Uuuuuhukk uhukkk.. asap dari knalpotnya berbau aneh. Mungkin sejenis kemenyan.

Saya bawa ke Konstan, di bilangan Banta-bantaeng.
Di sana dengan hanya bermodal 1 obeng negatif, saya bongkar motor. Oli sampingnya saya keluarkan (jangan-jangan ini masalah oli yang jelek).
Terus kabel-kabelnya saya bongkar, sampe magrib.
Motor akhirnya bisa bunyi, tapi masih bersin-bersin sedikit.

Magrib, saya jemput intan di bilangan Sungai Saddang Baru. Rencananya mau booking kamar hotel (buat budi putra). Saya nyalain motor, terus intan naik, langsung Batuk Berdarah motornya. Uuuooohookk!! Uuuoohokkk!!
Ampuuun...
Bermodal obeng yang sama, saya setel karburatornya.
Tapi tetap saja sama.
Akhirnya entah kenapa, motornya bisa hidup. Tapi ya itu, ndak bisa kalau pelan. Harus ngebut terus supaya gas tetap tinggi. Kalau gasnya turun, langsung TBC.
Ok. Tujuan ke Hotel Banua. Dekat losari.

Booking selesai. Next destination : Jalan Nusantara. Cari cewek bernama Ina.
Tapi untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, motornya ndak bisa bonceng orang.
Saya coba nyalain, ok. Bagus.
Intan naik, langsung mese', bengek.
Coba lagi, begitu lagi.
Akhirnya Intan naik pete-pete ke tempat Ina. Saya cari bengkel. (malam-malam cari bengkel??)
Tapi sepanjang jalan saya ndak ketemu bengkel, akhirnya dengan terus ngebut (gas tinggi) saya pulang. Untungnya ada satu bengkel dekat Steam yang masih buka.
Di sana saya beli busi sekaligus kunci businya.
Busi motor saya ganti. Terus setel karburator sedikit. Wooww.. keren... (semoga masalah terselesaikan).

Jalan lagi, rencananya ke tempat Ina lagi.
Wuuuuung.... ngebut. Tapi sampe dekat SMA 1, langsung ahak ahak ahak.. ahh.. ah.. ah... (ya ampun, genit sekali motor ini).
Tapi dipaksa saja. Akhirnya bisa sampe di Expresso dengan selamat.
Dan identifikasi selanjutnya : Motor ini ndak bisa bonceng orang. Kalau bonceng orang langsung habis nafasnya. Hhhh...

Dan 2 hari yang lalu saya bawa ke bengkel suzuki (suzuki veteran). Mekaniknya bingung dengan masalah motor ini. Jadi ndak mau dia kerjain. Lalu saya bawa lagi ke bengkel suzuki yang lain (suzuki salim, jl. Sungai Saddang). Mekaniknya bingung dengan masalah motor ini (ndak bisa bonceng orang). Tapi dikerjai saja sebisanya.
Dan setelah dikerjai, motor bagus sekali. Larinya keren. Bisa ngebut-sengebut-ngebutnya.

Tapi malamnya, intan mau minta diantar pulang.
Ok. Saya nyalain motor. Idup. Keren.
Intan naik... Uuuuhuukkk aaaaa'''hhhh''''
Mese' lagi.
Astaga.

Dan tadi, saya rencana ke bilangan Banta-bantaeng, motornya batuk-batuk mesra. Aaah.. ah.. ah...
Saya paksa saja, dia makin manja, Ahak ahak ahakk. ahh ahh...
Akhirnya saya bawa ke bengkel Suzuki lagi (suzuki veteran).
Sekarang saya lagi di warnet, motor lagi dikerjai di sana.
Saya lihat tadi CDI-nya dibongkar-bongkar. Perapiannya dicek. Aki-nya diisi ulang. Mesinnya dibongkar habis.
Semoga ini bisa menyelesaikan semuanya.


(saya bilang memang mi, motornya kalau dicuci keluar semua masalahnya. hhh...)


No comments: